Saturday, November 8, 2014

Menanamkan Daya Cipta pada Siswa dengan Origami Ikan

Sebenarnya ini bukan matan materi pembelajaran untuk anak kelas IV. Ini hanya sebuah rangsangan awal yang saya berikan pada siswa saya sebelum saya memulai pembelajaran. Waktu itu  kami di sekolah menunggu datangnya buku Kurikulum 2013 yang kabarnya sudah jadi masalah nasional karena keterlambatan pendistribusian. 

Jadilah sebagai perkenalan awal kedatangan, saya mengajari mereka membuat origami ikan. Pada dasarnya mereka sudah mengenal konsep origami yakni seni melipat kertas, mereka bahkan lebih jago dari saya. Hanya saja untuk origami ikan mereka belum belajar jadi skor kami 1-1 hehe.

bentuk origami ikan
Saya pun menyediakan bahan berupa kertas HVS warna-warni yang kemudian dipotong menyerupai ukuran kertas lipat origami. Yea untuk menghemat biaya dan mendapat warna yang oke. Alat lainnya berupa gunting, silet, lem, benang, jarum juga beberapa sedotan warna warni.

Selanjutnya saya mengjari mereka step by step melipat kertas menjadi bentuk ikan. setelah menyelesaikan satu contoh dengan panduan dari saya, mereka pada akhirnya sibuk sendiri membuat beberapa ikan lagi untuk kemudian di rangkai dengan jarum dan benang menjadi hiasan jendela.

Anak-anak bukit sedang serius :D
Mereka terlihat bersemangat, saya rasa memang sangat penting untuk mendorong anak untuk membuat karya. Itu adalah bentuk aplikasi dari kemampuan mereka. Bukankah pada akhirnya kemampuan mereka mencipta karya menjadi lebih penting dari sebuah nilai di atas kertas. Saya ingin menanmkan semangat mencipta pada mereka sehingga who knows di masa depan mereka adalah generasi yang akan menciptakan karya-karya yang bermanfaat bagi dunia. 

Ulala... jadilah hiasan jendela kelas kami :D

Apa terlalu muluk? Saya rasa tidak... karena bukankah selalu ada ruang untuk harapan.
dan..
mimpi... 

Mengawali langkah, 
Tebango Bolot, 6 Agustus 2014

No comments:

Post a Comment