Sunday, November 9, 2014

Sekilas tentang Kurikulum 2013

Sebenarnya saya bukan termasuk yang kontra dengan K13. Hanya saja saya memang pernah mengeluh mengenai pendistribusian buku yang terlambat. Jika melihat buku siswa dan buku guru pada Kurikulum 2013, saya memang merasakan pembelajaran menjadi lebih mudah. Guru tinggal memantapkan penguasaan materi sebelum memulai pembelajaran.
Saya sempat beberapa kali mengikuti pelatihan sederhana untuk K13. Saya sebut sederhana karena memang pelatihan yang saya ikuti tidak maksimal. Materi yang banyak hanya dikebut  1 hari. Hasilnya tentu saja materi tidak tersampaikan secara sempurna. Yang paling jelas hasilnya bagi saya adalah tentang pembuatan RPP, itupun saya juga belajar dari format RPP guru lain yang sudah jadi. Sedangkan mengenai format dan cara penilaian masih terasa samar dan abu-abu.
Mendengarkan, ciyuss banget!
Penyampaian materi pun kami rasa semakin membuat bingung. Pemateri terkesan berbicara sendiri. Mungkin karena harus mengebut menyampaikan materi. Pada akhirnya beberapa soft file materi menjadi bahan belajar otodidak saya. Sekalipun saya belum tahu apakah format nilai yang saya buat sudah benar, saya meneruskan memakainya karena  saya rasa sudah sesuai dengan Petunjuk Teknis yang filenya saya copy dari pemateri.
 Berbicara masalah keluhan, tak sedikit guru yang mengeluh mengenai rumitnya K13. Tapi menurut saya yang rumit adalah masalah pendistribusian buku yang sangat terlambat, kemudian ketidakjelasan mengenai format penilaian yang harusnya kami dapat dari pelatihan. Namun sejauh ini saya menikmati pembelajaran di kelas dengan menggunakan K13.  Menurut saya malah saya lebih terbantu karena ada buku pegangan guru dan buku siswa yang memang sudah di setting sedemikian rupa. Masalah pengembangan dalam pembelajaran saya rasa sah-sah saja dilakukan guru selama di kelas, sesuai situasi dan kondisi yang ada.
 Ya.. enjoy saja, sebelum mungkin di masa datang Kurikulum ini akan kembali digulingkan. Energi untuk mengeluh lebih baik digunakan untuk mengobrak abrik Google. Bukankah sudah terbukti pemateri yang satu ini selalu siap 24 jam?

No comments:

Post a Comment